Blogger templates

simulasi goa asem


GOA ASEM




 Goa asem terletak di Desa Leuwikaret, kampung Guha Siangan kecamatan Klapanunggal, Bogor, jawa barat. Minggu (20/9)


Saya dan team caver mapala rafflesaia melakukan eksplor untuk pra dikjut angkatan XIII di goa asem.
Goa asem ini terletak di Desa Leuwikaret, kampung Guha Siangan kecamatan Klapanunggal, Bogor, jawa barat. Minggu (20/9)..Gua asem memiliki panjang kedalam sekitar 80 meter dengan lebar hingga 5 meter. Untuk dapat memasuki goa, anda harus mempersiapakan tali 100 meter, sebab letak dasar vertical goa ini agak bergeser beberapa meter dari mulut goa.

Mulut goa ini biasa kita menyebutnya dengan lobang jarum, namun berbeda dengan lobang jarum lainnya. Mulut goa ini bisa dibilang pintu utaman dari goa tersebut. dimana hanya terlihat lorong yang berupa celah sempit yang hanya bisa dilewati satu orang. Namun setelah melalui celah tersebut , anda akan melihat keajaiban yang sangat indah di bawah tanah, sebuah ruangan yang cukup besar, yang tak terbayangkan oleh kita setelah melalui celah sempit terdapat ruangan besar. Oleh para penelusur goa biasanya memnyebut itu “Chamber” (ruangan besar yang terdapat di dalam gua).

Ruang besar yang terlihat dari bawah cahaya  mulut goa asema itu adalah Chamber. memiliki lebar sekitar 5 meter, di dalam chamber anda masih menemui cahaya yang terlihat dari atas mulut goa, itu masih bisa dikatakan anda berada dalam gelap terang yang berati ( kegelapan yang masih menemui cahaya yang masuk dari mulut goa atau celah sempit). Disini juga terdapat ornament-ornamen dan lobang jarum. Ada 2 lobang jarum yang harus kami telusuri. dari lobang jarum p1 anda akan memasuki dengan psosisi miring merunduk,disini kami hanya menemukan sebuah dasar vertical yang kedalamannya sekitar 7 meter dari atas lobang jarum tersebut. Dengan pith / tras sedikit sempit, untuk dapat membuat Angkor. jika anda menuruni medan vertical tersebut  hanya  terdapat chamber yang tidak terlalu besar.

Dari lobang jarum ke 2 kita akan memasuki dengan psosisi jongkok, denagn medan horizontal dan terdapat 2 lorong sempit lagi di dalamnya, lobang jarum yang sebelah kanan hanya di batasi bebatuan, dan lobang yang sebelah kiri banyak beberapa scelah yang menghubungkan 1 lobang jarum tersebut, medan dan posii badan kita harus sesuaikan, karena lobangnya yang begitu sempit dan ornament yang di dalamnya yang sedikit besar, sehingga membuat kami harus merangkak dan tengkurup. 

\
saat mengeksplor di lobang jarum ke 2, dengan medan lobang yang begitu sempit


Panjang dari lobang jarum ini sekitar 50 meter. Setelah kita berhorizontal terdapat lagi didalamnya vertical sekitar 5 meter. Terlihat dari kejauhan sebuah chamber di bawahnya dan terdalat lobang jarum. Namun penelusuran kami berakhir sampai disini.  Karena waktu yang tidak memungkinkan untuk dilanjutka. Tapi lain waktu akan kami explor hingga bottom to top.karena selanjutnya kami akan melakukan Selft Rescue di pohon smp al-syifa deket goa cikaray.. "selft rescue crol to crol"

 Simulasi selft rescue  crol to crol team MAPALA Rafflesia 
 mendekatkan crol korban dengan rescuer itu adalah selft rescue crol to crol dimana 
si korban akan di rescue dengan mengguna alat crol dan konektor yang diandalkan
Selft Rescue Power Sistem
menggunakan seluruh power si rescuer


Sekian dari kami team caver mapala Rafflesia , semoga artikel ini sangat membantu dan berguna bagi pencinta caving.
Salam Rimba!!!!!   RAFFLESIA

Salam Lestari J  LESTARI

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Ceyron Louis

A web designer from India. And then you write some more information about yourself like this to fill out the space that is left.

0 komentar:

ADVENTURE

TUGAS

CAVING

HOME

CLIMBING